10 Jenis Industri Kreatif Di Indonesia

Industri kreatif  merupakan pemanfaatan kreativitas, baik ketrampilan atau bakat seseorang untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan kerja untuk manghasilkan dan memberdayakan daya cipta atau daya kreasi individu tersebut. Industri kreatif  tumbuh pada hampir seluruh lapisan masyarakat, baik kecil, menengah dan skala besar.

Pengembangan industri kreatif

Dalam sebuah industri diperlukan adanya inovasi agar dapat berkembang. Pengembangan kegiatan kreatif sendiri adalah usaha untuk membuat sesuatu yang lebih dibutuhkan dan menjadi lebih bermanfaat. Perkembangan kegiatan kreatif  ini akan berpengaruh pada bidang ekonomi dan mengurangi angka pengangguran karena menyerap tenaga kerja. Lalu kegiatan kreatif itu apa saja? Di Indonesia kegiatan ekomi kreatif sangatlah banyak. Berikut 10 subsektor dari ekonomi kreatif diantaranya:

Macam-Macam Industri Kreatif:

  • Periklanan

Advertising merupakan salah satu kegiatan kreatif  yang berkaitan dengan jasa. Periklanan merupakan sarana penyajian materi yang isinya berupa pesan persuasif untuk kepentingan promosi yangmeliputi proses kreasi, produksi, dan distribusi iklan yang dihasilkan. Periklanan dinilai memiliki daya sebar paling tinggi karena selalu diperlukan oleh banyak elemen. Umumnya periklanan digunakan sebagai promosi, kampanye relasi public, pamphlet, riset pasar, iklan di media cetak dan lainnya.

  • Arsitektur

Salah satu subsektor ekonomi kreatif  ini sangat berperan penting dari sisi pembangunan dan kebudayaan. Dari sisi budaya arsitektur mampu menunjukkan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Sedangkan dari sisi pembangunan, jelas arsitektur berperan dalam perancangan dari pembangunan sebuah kota. Adapun kegiatan yang berkaitan dengan desain bangunan meliputi perencanaan biaya konstruksi, perencanaan kota, arsitektur taman dan lainnya.

  • Fashion

Merupakan kegiatan kreatif yang berjalan sangat dinamis. Setiap tahunnya trend dari sebuah fashion akan selalu berubah-ubah karena inovasi dan produktivitas desainer. Dalam tingkat global saat ini fashion menunjukkan daya saing yang cukup signifikan.

  • Fotografi

Saat ini minat anak muda yang semakin tinggi pada dunia fotografi membuat perkembangan industri fotografi sangat meningkat. Salah satu hal yang memperngaruhi tingginya minat tersebut adalah disebabkan semakin berkembangnya sosial median dan harga kamera yang terjangkau.

  • Kriya

Segala kerajinan yang berbbahan logam, kayu, tektil, kaca, keramik dan kulit disebut dengn kriya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai kerajinan seni kriya. Hasil kerajinan tersebut juga tidak hanya dipasarkan di kalangan domestik, namun banyak juga yang diekspor ke berbagai negara lain. Namun kerajinan ini juga masih terhambat kendala seperti bahan baku dan modal.

  • Kuliner

Kuliner menjadi subsektor ekonomi kreatif  yang potensi perkembangannya sangat kuat. Disebutkan bahwa sektor kuliner mampu menyumbang kontribusi sebanyak 30% dari total sektor pariwisata dan ekomi kreatif  lainnya. Meski begitu hal-hal seperti panduan dan perizinan bisnis, akses perizinan, dan proses pendirian usaha masih menjadi perhatian dari pemerintah.

  • Penerbitan

Subsektor penerbitan berperan penting dalam membangun kekuatan intelektualitas dari suatu bangsa. Meski pasar dari kegiatan ini tidak seluas sektor yang lain, namun kegiatan ini juga memiliki potensi yang kuat. Berbagai upaya juga terus dilakukan industry penerbitan untuk menyesuaikannya dengan perkembangan zaman. Hal ini dapat diketahui dengan hadirnya buku atau majalah dalam bentuk digital.

  • Musik

Sama halnya dengan fashion, musik adalah industri yang dinamis. Dunia musik juga terus dikembangkan dengan semakin banyaknya platform yang menyediakan pembelian musik digital yang mudah dan murah untuk mengurangi aksi pembajakan.

Diketahui bahwa selama dua dekade ini desain interior menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Saat  ini banyak orang menggunakan jasa desainer untuk merancang hotel, perkantoran atau interior hunian rumah. Hal ini juga tak lepas dari apresiasi masyarkat yang sangat baik. Namun hal yang masih perlu diperhatikan dalam sektor ini adalah proteksi pelaku kreatif desain interior, sertifikasi menciptakan standard an juga perlindungan hak cipta.

  • Desain produk

Hasil sebsektor yang sering kita jumpai ini merupakan hasil kreasi dari tangan-tangan terampil desainer produk. Para desainer mengkreasikan produk dengan menggabungkan unsure, fungsi dan estetika agar menjadi sebuah sesuatu yang bernilai dimasyarakat.