Manfaat Berpikir Kreatif Dalam Dunia Pekerjaan

Berpikir kreatif adalah sebuah proses yang diggunakan oleh seseorang untuk memunculkan sebuah ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Mengapa berpikir kreatif penting? Berpikir dengan kreatif  dapat mengembangkan pengetahuan dan skill dari seseorang yang berguna untuk mengembangkan  atau menemukan berbagai inovasi baru dalam hidupnya.

Berpikir kreatif  sama dengan meningkatkan kreativitas

Sama halnya dalam dunia pekerjaan berpikir kreatif juga dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi baru guna mengembangkan kualitas dan kuantitas sebuah produk agar dapat menarik konsumen. Imajinasi yang terfikir akan mengasah kecerdasan, dan anda akan menemukan solusi dari kreativitas tersebut. Hal tersebut tidak hanya menjadikan anda pribadi yang unggul, namun juga akan memberikan banyak manfaat bagi anda pribadi dan orang-orang sekitar.

Dampak positif  berpikir secara kreatif.

  • Mendorong kesuksesan dalam usaha

Jika anda merupakan seorang pebisnis, maka berpikir secara kreatif akan memberikan anda gagasan dan ide-ide baru untuk mengembangkan bisnis tersebut. Mulai dari memunculkan erbagai produk atau jasa dengan inovasi terbaru atau mengembangakan dengan melkukan teknik pemasaran yang lebih kreatif. Orang yang berpikir secara kreatif memang memiliki sifat solutif dari setiap masalah yang harus dihadapi, terlebih masalah yang ,umcul dalam usahanya.

  • Mampu menghandle beragam situasi

Dalam sebuah pekerjaan anda tidak akan pernah tahu bagaimana dan rintangan apa saja yang menunggu anda di depan. Tidak semua masalah dapat dipecahkan secara sederhana. Ada beberapa diantaranya yang membutuhkan tenaga dan fikiran lebih ekstra. Oleh karena itu berpikir dengan kreati sangat dibutuhkan untuk mengahatsi rintangna-rintangan yang sulit tersebut.

  • Selalu happy

Orang-orang yang berpikir secara kreatif akan selalu menjadi solutif  karena memiliki  banyak referensi dan pasokan sumber daya yang banyak dibandingkan mereka yang biasa. Mereka akan yakin bahwa jalan keluar pasti ada dan tidak hanya satu cara. Mereka akan menikmati hidup dan jauh dari stres karena tidak lagi merasa tertekan atas berbagai masalah yang harus dihadapi.

  • Pandai menghargai rekan kerja

Orang yang terbiasa berpikir secara kreatif akan akan terbiasa mendapat masalah dan mencari solusi dari masalah tersebut, baik dari mengeluarkan ide-ide, pendapat dan lainnya. Dengan berpikir secara kreatif inilah membuat anda lebih mudah menerima dan menghargai rekan kerja anda dalam satu tim.

  • Memiliki jangkauan pergaulan yang sangat luas

Pemikir kreatif tentu mempunyai pola piker yang berbeda dengan kebanyakan orang.  Itulah sebabnya mengapa mereka sangat mudah sekali menjalin pergaulan dan memahami orang lain dalam lingkup pekerjaan ang lebih luas.

  • Selalu menebar semangat

Orang yang kreatif  tidak akan takut jika kehilangan sebuah peluang, karena ia akan menciptakan peluangnya sendiri. Orang yang kreatif juga tidak pernah takut menghadapi berbagai masalah karena ia yakin pasti dapat mengatasinya dengan segera mencari solusi. Energi dan semangat yang muncul nantinya akan tertular pada orang lain. Pemikir kreatif juga tidak akan takut terhadap ancaman yang menunggu karena sudah menjadi hal yang biasa. Mereka akan tetap berpikir positif dan  menebar semangat kepada orang lain.

  • Selalu bertindak dengan optimis

Orang yang kreatif akan selalu berpikir bahwa pekerjaan itu bisa dilakukan dan memiliki solusi masing-masing. Tentunya hal ini membuat anda terdorong berfikir secara kritis yang membentuk rasa berani dalam menghadapi berbagai tantangan dengan bertindak secara optimis.

  • Dipertahankan di  pekerjaan

Persaingan dalam dunia usaha memang semakin ketat, oleh kare itu untuk dapat bertahan pada posisi maka diperlukan cara berpikir yang kreatif. Setiap orang akan dituntut agar mampu menghadapi berbagai persaingan yang berkembang dalam dunia kerja. Dengan memiliki kreatifitas berpikir tentu akan menjadi daya tarik sendiri dan pembeda yang membuat anda tetap dipertahankan.

  • Menjadi pembeda dari yang lain

Setiap individu tentu mempunyai tingkat kreativitas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Namun perlu diketahui bahwa seseorang yang memiliki tingkat kreatif yang lebih tinggi akan lebih dipilih. Oleh karena itu meningkatkan kreativitas sangat diperlukan agar tidak tertinggal dan menjadi pembeda dari yang lain.