Jangan Membenci Diri Sendiri dan Mulailah Berdamai dengan Melakukan 6 Hal Berikut

Mencintai diri sendiri sangat penting dilakukan bagi diri seseorang supaya dapat berdamai dengan perasaan dan hati. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia memang tercipta dengan memiliki berbagai perasaan, yaitu ada rasa benci, namun juga ada rasa cinta. Rasa benci tersebut ternyata tidak hanya dialami diri seseorang terhadap orang lain. Akan tetapi ternyata benci juga dapat muncul pada diri sendiri.

Membenci diri sendiri tentu bukanlah menjadi hal yang baik.Untuk itu selalu disarankan supaya jangan membenci diri sendiri. Rasa benci tersebut bisa saja muncul karena beberapa hal, misalnya Anda terlalu protektif terhadap diri sendiri dan menginginkan menjadi orang lain. Sementara diri Anda tidak mampu melakukannya.

Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri

Apabila terlalu menebarkan kebencian pada diri sendiri, maka jangan harap bisa berdamai dengan jiwa dan raga Anda. Cobalah untuk melepaskan rasa benci tersebut melalui beberapa cara yang ada di bawah ini:

  • Cari Tahu Apa yang Membuat Anda Membenci Diri Sendiri?

Tanyakan pada diri Anda sendiri mengapa rasa benci tersebut muncul dalam diri. Misalnya saja karena tidak mempunyai prestasi yang dibanggakan atau sering kali mengalami kegagalan.Apabila sudah mengetahui penyebab dari rasa benci tersebut muncul, maka cobalah untuk belajar menghapus rasa benci tersebut dan menjadikannya sebagai motivasi supaya tidak mengalami kegagalan secara terus menerus.

  • Berhenti Berpikir Negatif Terhadap Diri Sendiri

Berpikir negatif terhadap diri sendiri menjadi kesalahan paling fatal yang membuat diri Anda justru menambah porsi kebencian tersebut. Hindari membicarakan hal buruk terhadap diri sendiri, karena hal ini justru menyulitkan diri seseorang untuk bisa berdamai pada diri sendiri. Anda bukanlah orangyang sempurna, setidaknya jangan pernah berpikir negatif.Hal ini justru akan membuat semakin terpuruk.

  • Jangan Samakan dengan Orang Lain

Menyamakan diri sendiri terhadap orang lain tentunya tidak akan ada yang bisa. Sebab itu cintailah diri sendiri dengan tidak menyamakan dengan orang lain dalam segala hal. Nikmatilah apa yang Anda miliki saat ini, termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.Apabila mengejar kesempurnaan untuk bisa sama dengan orang lain, tentunya hal ini justru dapat melakukan penyiksaan pada batin.

Apabila hal ini Anda paksakan, tentunya justru akan membuat stres dan seringkali merasa tidak puas terhadap diri sendiri. Hal inilah yang memicu rasa benci terhadap diri sendiri. Cobalah untuk berfokus pada tujuan hidup yang Anda miliki, dan jangan berpatokan terhadap kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Meskipun bangga terhadap prestasi yang diraih orang lain, jadikanlah sebagai motivasi untuk bisa melakukan hal yang sama.

  • Tenangkan Diri Anda

Saat seseorang berada dalam kondisi yang tidak baik seperti terpuruk, maka membutuhkan ketenangan diri dengan meluangkan banyak waktunya untuk lebih mengenali diri sendiri. Sesibuk apapun dan serumit apapun masalah yang sedang terjadi, cobalah meluangkan waktu untuk memanjakan diri. Misalnya saja menghabiskan waktu untuk rebahan, pergi ke salon, berbelanja, ataupun yang lainnya.

Jangan menyiksa diri dengan mengabaikan kesenangan hanya karena kesibukan yang dimiliki. Selain merasakan capek hati dan pikiran, hal ini juga dapat membuat Anda merasa benci terhadap diri sendiri.Untuk itu tenangkan diri dengan melakukan hobi atau hal-hal yang Anda inginkan.

  • Terus Menatap Masa Depan

Memikirkan masa depan yang cerah akan membuat diri seseorang merasa yakin untuk bisa mencintai diri sendiri dan tidak akan membenci dirinya. Memikirkan masa lalu justru akan membuat diri seseorang terpuruk, karena hanya ada penyesalan saja. Kejadian masa lalu yang buruk dan sering Anda ingat, hal ini justru akan membuat diri seseorang selalu menyalahkan keadaan, termasuk diri Anda sendiri.

Sadarilah bahwa masa lalu sudah seharusnya dilewatkan dan cukup dikenang saja. sehingga mengambil pelajaran yang berharga dari kenangan masa lalu bisa memanfaatkan diri supaya jangan membenci diri sendiri sekaligus dapat digunakan untuk menjalankan kehidupan yang lebih menyenangkan.

  • Hindari Pergaulan yang Tidak Sehat

Seperti yang kita ketahui, bahwa terkurung di dalam pergaulan yang tidak sehat tentunya hanya akan memberikan dampak yang buruk, termasuk memberikan pemikiran yang negatif. Jika berada dalam lingkungan yang buruk, tentunya hal ini justru akan menambah rasa benci terhadap diri.Rasa benci tersebut akan semakin bertambah tanpa disadari.

Sebab itulah Anda selalu disarankan untuk menghindari pertemanan yang sekiranya tidak sehat dan cobalah untuk mencari sahabat ataupun teman yang dapat memberikan pengaruh positif.

Rasa benci terhadap diri sendiri memang tidak akan mudah dihilangkan dalam 1 atau 2 hari.Akan tetapi hal ini harus dilakukan secara perlahan supaya rasa benci tersebut berangsur menghilang. Beberapa cara yang ada di atas bisa diikuti supaya bisa menciptakan rasa kebahagiaan dan kebanggaan terhadap diri sendiri.Sehingga Anda tidak akan membenci apa yang Anda miliki saat ini.Meskipun belum sesuai yang diharapkan.